Royalti Lagu Bengawan Solo Masih Mengalir

Wiwik Susilo
Liputan6  05/05/2010 07:39
Liputan6.com, Solo: Gesang Martohartono, sang pencipta lagu legendaris, Bengawan Solo menerima pembayaran royalti atas lagu karyanya yang masih diputar di dalam dan luar negeri. Gesang mendatangi tempat pemberian royalti di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (4/5).

Di usia senjanya 93 tahun, Gesang memang sudah tidak produktif lagi menciptakan lagu. Namun berkat lagu Bengawan Solo, kini dia masih menikmati royalti yang datang dari dalam dan luar negeri. Tahun ini Gesang mendapatkan royalti Rp 34 juta lebih.

Jumlah yang diterima Gesang lebih besar dibanding royalti WR Supratman Rp 16,7 juta dan Kusbini Rp 2,7 juta. Jumlah yang diperoleh Gesang bisa lebih besar lagi jika royalti atas lagu Bengawan Solo yang beredar di luar negeri seperti Belanda dibayarkan.

Saat ini, pihak pengelola lagu Bengawan Solo masih melakukan negosiasi dengan sejumlah publisher lagu di Belanda terkait peredaran lagu BeSgawan solo atas nama orang Belanda tersebut. Dengan begitu, Gesang bisa mendapatkan hasil atas karyanya itu.(JUM)

Warga Belanda Mengaku Pencipta Lagu Bengawan Solo

Komentar